Home » ilmu » Unity Plugin di Compiz
       

Unity Plugin di Compiz

Unity yang telah hadir sejak setengah tahun lalu memberikan pengalaman baru kepada pengguna Ubuntu. Dengan perubahan yang cukup signifikan itu, tentunya pengguna harus “belajar lebih” untuk memahami sang OS.

Sejak digunakannya Unity pada ubuntu, ada fitur Ubuntu Unity Plugin di CompizConfig Setting Manager (CCSM). Pada fitur tersebut kita dapat mengubah tampilan dasar dari unity kita.

Ubuntu Unity Plugin

Ubuntu Unity Plugin

Gambar diatas adalah tampilan Ubuntu Unity Plugin pada CCSM. Berikut adalah beberapa penjelasan dari settingan yang dapat kita customize.

  1. Panel Opacity : Tingkat transparan dari panel (panel horizontal bagian atas) dapat kita atur dari sini. Sebelum menggunakan unity kita harus mengedit pada opacity untuk mendapatkan tampilan ini. Namun saat ini tinggal mengatur seberapa tingkat transparan yang kita inginkan. Semakin kecil nilai, maka panel akan semakin transparan.
  2. Launcher Opacity : Merupakan value yang menentukan tingkat transparansi dari launcher unity kita. Launcher merupakan dock tempat bar aplikasi yang berada di bagian kiri dan memanjang vertikal. Semakin kecil nilainya, launcher akan tampak semakin transparan.
  3. Launcher Icon Size : merupakan value untuk mengatur ukuran icon yang ada pada launcher
  4. Show Device : Secara default, pada launcher akan muncul device yang kita mount. Fitur ini dapat memenuhi launcher kita, karena misal kita punya lima partisi dan dua buah flashdisk maka kita juga akan mendapati tujuh icon storage yang menempel pada launcher. Untuk mendisablenya, tinggal ubah value menjadi “never”.

6 Comments

  1. Comment by Joulecar:

    belajar dari pengalaman lebih seru kok.. :D

  2. Comment by dafhy:

    sudah 1 tahun lebih menggunakan ubuntu (meskipun dualboot karena pekerjaan) tapi saya baru paham unity dari postingan ini. terima kasih mas atas penjelasannya. tapi pernah punya pengalaman tidak mengenakkan dengan compiz di ubuntu 11.04. tampilan luar berikut panel dan widgetnya ilang semua. harus reset ulang :hihi:
    ..:: blog post terahir dari dafhy …-> Secret Code Hp Samsung ::..

  3. Comment by Joulecar:

    sama mas…
    saya juga sering gitu kalo pas lagi ngoprek..
    paling solusi akhir hapus semua file config di home..
    hehehe….
    :kucing_ngayal:

  4. Comment by wisata indonesia:

    sampe sekarang liat linux aja belom pernah :kucing_cool:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco