Home » Asal Nulis » Susahnya Bikin SKBN
       

Susahnya Bikin SKBN

Sedikit menceritakan pengalaman di akhir tahun kemarin, kebetulan terselib iseng untuk membuat SKBN (Surat Keterangan Bebas Narkoba). Ya meskipun saat itu belum butuh, demi mengisi waktu luang (sok-sokan selo) menyempatkan untuk dateng ke BNN di daerah Cawang, Jakarta Timur. Sempet browsing-browsing buat nyari referensi, selain di BNN bisa juga di RS Polri Said Sukanto di Kramat Jati, bisa juga di RS Budhi Asih. Menurut referensi tersebut saya milih ke BNN, dengan alasan biaya paling murah, lokasi deket, dan lembaga tersebut jelas-jelas mengurusi urusan narkotika.

Oke, akhirnya sukses buat bangun (rada) pagian demi menghindari antrian. Sekitar jam 8.30 pagi sampailah ke BNN. Saat itu saya langsung menuju ke laboratorium untuk mendaftarkan diri. Disana pendaftaran dan pemeriksaan gratis, kita tinggal membeli alat test nya aja di Koperasi Karyawan yang terletak di basement. Alat testnya ga mahal, hanya sekitar 125 ribu. Setelah itu kita akan disuruh kencing ke wadah, inget..jangan penuh-penuh, kalo tumpah kan berabe :p.

Alat Tes

Alat Tes

Setelah itu kita serahkan air seni kita ke petugas lab yang telah menunggu di depan toilet. Kita dipersilakan menunggu hasil pengetesan kurang lebih 2 jam. Setelah 2 jam menunggu, akhirnya dipanggil untuk diberikan hasil tes laboratoriumnya. Alhamdulillah ane bebas narkoba. Surat keterangan tersebut bisa agan fotokopi, lalu balik lagi untuk menyerahkan fotokopian. Hanya dibutuhkan waktu 3 jam untuk mendapatkan surat tersebut B-).

Bagian yang susah adalah, pertama… kita harus bisa kencing. Jangan lupa minum yang banyak agar kita mudah kencing. Jangan sampai 2 jam nunggu air kencing ga kunjung keluar. Atau mudahnya jangan kencing setelah bangun. Bangun tidur langsung cabs ke BNN aja. Yang kedua itu adalah tempat fotokopi nya. di BNN gak ada tempat fotokopi, kita harus keluar menuju jalan Dewi Sartika untuk mencari fotokopi. Cukup repot juga kalau kita ga bawa kendaraan sendiri, lebih repot lagi kalau harus bawa mesin fotokopi sendiri dari rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco