Home » Jalan-Jalan » Stasiun Gawok
       

Stasiun Gawok

Stasiun Gawok, merupakan stasiun Kereta Api yang terletak di perbatasan Desa Trangsan, Desa Trosemi, Desa Luwang dan Desa Blimbing di Kecamatan Gatak. Stasiun ini mempunyai ketinggian +118m dan berada di wilayah Daop VI Yogyakarta.

Stasiun Gawok

Bangunan utama Stasiun Gawok saat minggu pagi

Bangunan stasiun yang saat ini berdiri di sebelah barat rel merupakan bangunan baru, sebelumnya bangunan terdapat di timur rel. Bangunan lama dibongkar untuk pembangunan rel ganda yang menghubungkan Jogja dan Solo. Stasiun ini hanya digunakan untuk persilangan kereta saja, tidak ada kereta terjadwal yang menaikkan ataupun menurunkan penumpang disini meskipun ada sekitar 4 jalur yang terdapat di stasiun ini.

Stasiun Gawok Lama

Bangunan Stasiun Lama (foto : Wikipedia)

Tak seperti stasiun-stasiun lain yang steril, stasiun ini justru menjadi tempat berkumpulnya masyarakat sekitar untuk menikmati minggu pagi ataupun menghabiskan hari untuk mengajak anak berjalan-jalan pada tiap sore. Letaknya yang berdekatan dengan pasar menambah keramaian stasiun ini kala minggu pagi. Ya, seperti car free day yang ada di kota-kota besar.

Minggu Pagi

Anak-anak menikmati minggu pagi

Sewaktu saya kecil, sering ada kereta yang berhenti disana untuk melakukan silang. Dengan adanya jalur ganda, kereta yang berhenti pun semakin sedikit bahkan hampir tidak ada. Namun hal tersebut tak menyurutkan pengunjung yang memenuhi minggu pagi ataupun setiap sore hari, dikarenakan sebelah timur banyak kios-kios perbelanjaan dan juga arena bermain untuk anak-anak.

kereta melintas

Saat kereta melintas

2 Comments

  1. Comment by annosmile:

    pramex harusnya berhenti di stasiun kecil seperti ini untuk menjaring banyak pengguna kereta api..hihihi
    penasaran juga isi di dalam stasiun seperti apa :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco