Home » share » Pasar Gawok
       

Pasar Gawok

Setelah kemaren nyempetin wat jalan-jalan mengitari pasar Gawok, timbulah niat wat ngepost tentang pasar yang satu ini. Pasar ini berlokasi di bagian barat Kabupaten Sukoharjo, tepatnya di Kecamatan Gatak. Bagi orang yang belum pernah kesini mungkin cukup sulit untuk menemukan pasar ini. Namun keramaian di pasar ini dapat dijadikan petunjuk penting untuk menemukannya, dan jangan lupa suatu peribahasa “malu bertanya sesat di jalan”. Titik kunci untuk menemukan pasar ini adalah stasiun Gawok. Stasiun ini dapat diakses dengan mudah dari jalan Solo-Yogya km 13, tepatnya bangjo pasar Sraten ke timur kurang lebih 3 km. Selain itu dapat juga melalui gapura Makamhaji ke selatan sampai mentok. Setelah dari stasiun Gawok, jalan lurus ke arah timur kurang lebih 2 km, lalu ambil kanan dan lurus, silahkan cari pusat keramaian di daerah situ, tentunya saat pon.

Pasar Gawok

Pande Besi

Pasar Gawok merupakan pasar tradisional yang buka tiap pon (hari pasaran menurut kalender jawa). Model pasar ini tidak menggunakan kios seperti pasar sekarang. Pasar ini menggunakan sistem los kios, jadi antara pedangang satu dengan yang lain tidak mempunyai batas yang pasti. Pasar ini pun merupakan pasar outdoor. Atap pasar ini hanyalah terpal yang dipasang oleh masing-masing pedagang, hanya sebagian kecil pedagang yang menggunakan atap permanen.

Pasar Gawok

Pasar Gawok

Di pasar ini terdapat berbagai macam pedagang, dari pedagang hewan, tanaman, obat-obatan hingga pandai besi. Khas dari pasar ini adalah pandai besi dan blanthik (pedagang hewan). Di pasar ini terdapat berbagai jenis hewan dan tumbuhan yang dijual, mulai dari sapi, kambing, burung, dan hewan piaraan lain seperti kelinci.

Pasar Gawok

Pasar Gawok

40 Comments

  1. Comment by wibisono:

    kayaknya pernah lewat pasar ini.. :kucing_ngayal:
    .-= blog terahir dari wibisono ..Telaga Sarangan =-.

  2. Comment by Joulecar:

    golek opo mas???

  3. Comment by bangbambang:

    wologh…ono pasar burungE…..
    balik bandung kapan kang jul??
    .-= blog terahir dari bangbambang ..Menunggu Bourne 4 =-.

  4. Comment by blontankpoer:

    sayang stasiune wis dirusak. padahal, kalau bangunan aslinya masih utuh, bisa jadi tempat piknik…
    .-= blog terahir dari blontankpoer ..Foke Emoh Air Keruh =-.

  5. Comment by iyem:

    kok diriku blom tahu ya….. padahal orang sukoharjo juga…
    .-= blog terahir dari iyem ..java (2) =-.

  6. Comment by Tutorial Admob:

    udah sering dengar mas… tapi blm terpikirkan mau kesana..

    “arep golek opo ??”

  7. Comment by Dony Alfan:

    Pernah satu kali hunting foto di sana, dan sekalian nyobain sate kambing yang ada di tengah pasar itu, hehe

  8. Comment by Joulecar:

    aku wis nang mbandung ki mbang…..

  9. Comment by Joulecar:

    halah yem….
    sobo mu gur kartosuro tok og…
    tekon o sing cah gawok..
    jak dolan rono…
    sopo ngerti kwe dilirik karo dodolane blantik…
    heheheheee….
    :hihi:

  10. Comment by Joulecar:

    golek opo-opo ono mas….
    tahu kupat, tengkleng nganti golok yo ono…

  11. Comment by Joulecar:

    enak ra mas???
    aku malah rung tau mangan sate nang kono…
    wis neg ngerti wedhus e…
    hahahaa….
    :kucing_mabok:

  12. Comment by Joulecar:

    stasiune sing lawas apik pak dhe…
    model kuno….
    tempat nongkrong ku soko jaman ngompolan…..
    ning sak ploke bangunan anyar rung tau nongkrong nang kono…

  13. Comment by Dony Alfan:

    Rasane biasa wae, suasana pasarnya yang bikin beda. Iya, ndak jauh dari warung sate kambing itu memang tempat khusus jualan kambing :nangis:

  14. Comment by Joulecar:

    kan maksud e apik kui….
    yen kentekan stok langsung tarik, gulingke, bakar…
    :waaa:

  15. Comment by riuusa:

    aku malah belum pernah ke pasar gawok… :hihi:
    .-= blog terahir dari riuusa ..L’Arc~en~Ciel =-.

  16. Comment by Joulecar:

    ning nang kono ketoke ra ono sing dodol catok rambut…
    :kucing_hiks:

  17. Comment by bangbambang:

    komen meneh ah…:ngelamun:
    mas kris kae ternyata yo blogger to mas jul?
    diseret nyang bengawan yo :licik:
    .-= blog terahir dari bangbambang ..Kakekku Jago Coding =-.

  18. Comment by wibisono:

    cuma lewat tok.. mau ke tempat temen di sukoharjo

  19. Comment by Joulecar:

    omahmu ngendi to kang kok nang skh lwat kono??
    :D

  20. Comment by Joulecar:

    tes,,,,,
    mbang,,,aku kat wingi mbales komen mu sing iki kok gagal terus…
    :ngupil:
    lha emang kris due blog po??
    aku malah ra ngerti…

  21. Comment by Bowo Anggit:

    ..kelingan adu jago mrono…isih ra yo..nggo adu jago bangkok..

  22. Comment by mursid:

    ke gawok golek pacul..

  23. Comment by somphil:

    aku ndisik arep neng sukoharjo, lewat gawok,.. eh tekan pasare kae malah bingung,.. njupuk dalan sing ngendi,.. lha aku nututi uwong ae,.. lha kok malah ujug2 tekan cemani,.. wah jan… :ngakak:

  24. Comment by Joulecar:

    daraki kwe sing dadi pande ne kae,,,
    hehehee

  25. Comment by Joulecar:

    lha kok iso???
    pasar jupuk dalan ngalor to???
    :melet:

  26. Comment by ~MHC~:

    Gek jaman nom2manku mbiyen, neng Nggawok tuku meri….
    =========================================================
    bener foto2mu kui kang…? kayak e pernah liat tuch photo…tpi lupa di mana ya…:sliweran:

  27. Comment by Joulecar:

    kui aku nyilih foto blog e uwong og…
    hihihiiii…..
    maklum aku ra due kamera+ra due hape kamera….
    :kembik2:

  28. Comment by as raharjo:

    kok photone stasiun ra enek to Mas. ngertiku Gawok kuwi mergo enek stasiun’e, ha ha ha

  29. Comment by Joulecar:

    lha kwi gon headerku kan stasiun gawok mas…
    :kucing_ngudut:
    .-= ..:: blog terahir dari Joulecar …-> Flash Player Flock pada Ubuntu ::.. =-.

  30. Comment by as raharjo:

    iyo, tp kurang jelass
    .-= ..:: blog terahir dari as raharjo …-> Kajian Ilmiah bersama Ust. Abdul Hakim bin Amir Abdat ::.. =-.

  31. Comment by Joulecar:

    yo suk yen mulih tak golek poto neh….
    :kucing_hiks:

  32. Comment by MADIUN RUBIK SPOT:

    Wiiik jadi pengen beli burung pulor :nangis:

  33. Comment by Joulecar:

    burung pulor ki sing koyo ngopo to mas?>

  34. Comment by Tangguh:

    :melet:: Mantab bos..
    ..:: blog post terahir dari Tangguh …-> Cewek Seksi Korea ::..

  35. Comment by Joulecar:

    siiip….
    :sip:

  36. Comment by kris:

    numpang nyundul ah
    lagi kangen ngomah ki, suk hunting mrono meneh aahh

  37. Comment by Joulecar:

    lha arep dodolan manukmu po piye lik???
    :hihi:

  38. Comment by andita mega:

    wahh kok yo ono gawok,,marai kangen ae,,nek pas minggu mesti ono sulapan,,

  39. Comment by Joulecar:

    keplek doro mas sing paling seru…
    :hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco