Home » ilmu » OO Design
       

OO Design

Pertumbuhan hardware masa sekarang ini sangat pesat. Permintaan yang sangat tinggi menjadikan time to market semakin pendek. Kebutuhan Embedded System juga meningkat pesat. Perkembangan hardware yang menuntut semakin banyaknya penggunaan transistor tidak membuat ukuran harware itu semakan besar, namun semakin canggih justru semakin kecil. Dengan tingkat kompresi yang tinggi dan penggunaan transistor dengan ukuran mikro membuat kehandalan hardware tersebut dapat diandalkan.

Kecanggihan hardware tersebut tidak semata-mata sukses karena teknologi hardware. Namun peran penggunaan software juga berpengaruh sangat signifikan. Perancangan hardware menggunakan software dapat menghemat cost dan waktu dalam pembuatan hardware. Kemungkinan kesalahan pembuatan akan sangat kecil apabila telah dirancang dengan software.
Teknologi Embededd System sangat menjadi andalan di masa sekarang ini. Karena embedded system dapat meminimalisir penggunaan tempat. Perancangan embedded system dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pertama yang harus dilakukan adalah menentukan spesifikasi hardware/software yang akan dibuat. Tahap kedua yaitu memartisi/memisah antara perancangan hardware dan software yang akan dibuat. Tahap ketiga adalah perancangan detail software/hardware yang akan dibuat. Setelah hardware dan software telah dirancang masing-masing detailnya, tahap keempat adalah mengintegrasikan hardware/software tersebut menjadi satu kesatuan. Tahap selanjutnya adalah pengetesan hardware/software tersebut dan diikuti oleh tahap maintenance & upgrade.
Pemodelan hardware ada beberapa level. Level terkecil adalah penggunaan level gerbang. Level diatasnya adalah RTL atau Register Transfer Level. Sedangkan level selanjutnya adalah level transaksi/system.
Ada beberapa bahasa pemodelan yang dipakai saat ini, antara lain System C dan system Verilog. Pemodelan software pun dibagi menjadi beberapa tipe, yaitu tipe terstruktur dan tipe object oriented.
Menurut saya perkembangan hardware/software saat ini sudah sangat bagus. Developer tidak hanya melihat darui kacamata bisnis semata, namun juga sudah mengangkat isu green environtment, yaitu perancangan hardware/software yang memperhatikan aspek lingkungan. Penggunaan Embedded System juga sangat diperlukan saat ini, karena dapat menghemat dari beberapa segi aspek.

2 Comments

  1. Ping from nurrahmanarif:

    hubungan isi tulisan sama judul “OO design”? kok aku ga mudeng yah? hehe

  2. Ping from 9oliwet:

    bahasamu koyo pendahuluan e.g latar belakang sebuah masalah Jul2.. *ini buat tugas??aniwe..gud lak for Ur midterm yo…^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco