Home » share » Motivasi
       

Motivasi

Kata motivasi memang tak asing lagi di telinga kita. Banyak buku-buku, seminar atau lainnya yang membicarakan tentang motifasi. Apa sih itu motivasi?? Mau tau lebih lanjut? Baca deh artikel ini….

Apa sih itu motivasi?? Ni quw tanya ma pak dhe Wikipedia, beliau bilang gini : “Motivasi adalah faktor yang mendorong orang untuk bertindak dengan cara tertentu. Dengan demikian dapatlah dikatakan bahwa motivasi pada dasarnya adalah kondisi mental yang mendorong dilakukannya suatu tindakan (action atau activities) dan memberikan kekuatan (energy) yang mengarah kepada pencapaian kebutuhan, memberi kepuasan ataupun mengurangi ketidakseimbangan. Oleh karena itu tidak akan ada motivasi, jika tidak dirasakan rangsangan-rangsangan terhadap hal semacam di atas yang akan menumbuhkan motivasi, dan motivasi yang telah tumbuh memang dapat menjadikan motor dan dorongan untuk mencapai tujuan pemenuhan kebutuhan atau pencapaian keseimbangan.”

Kita sering nih punya ambisi besar, tapi…. ternyata rasa males masih lebih berpengaruh daripada ambisi kita tersebut serta tak ada inisiatif untuk mewujudkan ambisi tersebut. Itu menunjukkan bahwa energi untuk mewujudkan ambisi tersebut masih kurang. Disinilah motivasi sangat dibuthkan demi tercapainya ambisi tersebut. Motivasi dan ambisi sangat berkaitan. Ambisi tanpa motivasi hanyalah akan jadi angan belaka, sedangkan motivasi tidak akan ada tanpa ambisi.

Ni ada sedikit tips untuk meningkatkan motivasi..

1. Yakinlah bahwa usaha Anda akan menghasilkan sesuatu yang berharga dan memuaskan.

2. Bicarakan pada orang yang paling dekat dengan Anda tentang rencana Anda, baik secara lisan ataupun tulisan.

3. Miliki sebuah ketertarikan yang nyata, sehingga Anda akan benar-benar bersemangat.

4. Carilah sumber energi yang kontinyu, misalnya olah raga atau tidur cukup. Kafein hanyalah sumber energi sesaat, jangan gantungkan motivasi anda pada cafein.

5. Hilangkan beberapa perasaan negatif Anda, atau pada akhirnya pilih kerjakan pekerjaan penting saat Anda dalam mood yang bagus.

6. Mulailah segalanya dengan sesuatu yang kecil. Karena pembangunan gedung pencakar langit diawali dari penyusunan batu bata. Jangan takut melangkah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.