Home » Bengawan » Masih Ngeblog?
       

Masih Ngeblog?

Sebelumnya ijinkanlah saya mengucapkan selamat Hari Blogger Nasional kepada seluruh blogger di Indonesia, entah yang berstatus mantan blogger, blogger hiatus, blogger aktif ampe blogger yang udah lupa passwordnya.

Di hari blogger ini saya pengen sedikit mengulas perjalanan saya dalam mengarungi bloggosphere. Diawali dari nulis di friendster, dilanjutkan di multiply, memasuki framework blogspot, hingga belajar di wordpress sebelum lahirnya situs ini.

Oke, dimulai ,entah, sekitar tahun 2005 atau 2006 latihan nulis di friendster. Jejak dari kedua situs tersebut memang sudah musnah dimakan rayap waktu. Tergolong telat memang, namun apa daya pada tahun itu saya baru akrab sama yang namanya internet. Setelah gali menggali informasi, akhirnya awal 2007 membuka akun di Multiply. Saat itu konten yang dituliskan memang ancur, ya anak SMA emang rada gitu-gitu sih. Tapi hebatnya di tulisan tersebut ga ada materi galau, yaiyalah orang masih jomblo juga.

Kopdar #SoloSinau Bareng Sebuai (Sejuta Buku untuk Anak Indonesia)

Kopdar #SoloSinau Bareng Sebuai (Sejuta Buku untuk Anak Indonesia)

Akhir tahun 2008 mulai lah mencari bala bantuan, nanya sana sini untuk mencari perkumpulannya para dedengkot blog di solo. Akhirnya nemu lah Komunitas Blogos Alias Blogger Solo. Dari sana saya mulai melakukan blogwalking, membaca dan melihat-lihat konten blog yang ada. Akhirnya saya memilih untuk bermigrasi ke blogspot pada 23 November 2008. Sebulanan belajar blogspot, kembali mencari info di Blogos. Ternyata blogger Solo telah berganti nama menjadi Bengawan pada tanggal 12 Desember 2008, nama komunitas yang masih ada hingga sekarang. Pada 13 Januari 2009 mulai lah saya memberanikan diri bergabung di milis Bengawan.

Kopdar Kerak Telor

Kopdar Kerak Telor

Pada pertengahan 2009 mulai lah saya teracuni untuk “memelihara” blog saya sendiri. Menurut referensi dari milis Bengawan, engine wordpress merupakan engine yang simple dan digunakan oleh mayoritas blogger self hosted. Akhirnya mulainya membuka akun di wordpress.com untuk belajar. Setelah mengumpulkan duit dan diet selama di perantauan, lahirlah joulecar.web.id pada 11 November 2009. Apadaya pada kala itu baru kuat beli domain (harganya cuman 35 ribu doang :p). Jadilah domain tadi menggantikan joulecar.blogspot.com. Lho, katanya mau self hosting? sabar to bro, ngumpulno duik dhisik. Hanya dalam beberapa hari pikiran saya berubah, akhirnya bongkar celengan demi membeli hostingan yang bermutu. Resmilah bertualang di dunia perblogan dengan wordpress.org.

Kopdar Bogor

Kopdar Bogor

Meskipun saya tergabung di Bengawan, saya termasuk orang yang jwarang kopdar. Kegiatan menuntut ilmu di Kota Kembang menjadikan kesempatan kopdar itu langka. Kalaupun pas pulang juga jarang ikut, ya saya ini orang rumahan mas. Bagaimana lagi, kopdar Bengawan itu biasanya malem dan nyampe larut malem (ato malah pagi?), sedangkan saya, anak yang polos ini, ga boleh pulang larut malam. Saya ingat betul kapan pertama kali kopdar, itu pas Halal Bihalal-nya Bengawan. Acara yang juga disebut Kopdar Konsorsium itu berlangsung pada 27 September 2009. Saat itu, saya banyak terheran-heran melihat wajah asli para warga Bengawan. Asem, raine nang foto ngapusi, terutama si Riuusa yang ternyata badannya cuman seupil itu. Di kopdar itu pun saya harus pamit duluan karena ditunggu sopir yang akan mengantar saya kembali ke Kota Kembang dengan mobil Mercy yang ber plat kuning dan bertuliskan “Kramat Djati”.

Kopdar Bowling Bengawan Jakarta

Dari milis Bengawan saya berkenalan dengan Ndok, mahasiswa ITB asal Solo. Dimulai dari sana saya lebih sering kontek-kontekan dengan ndok untuk update kegiatan kopdar di Jakarta dan akhirnya saya ikutan kopdar di Jakarta yang bertajuk Kopdar Kerak Telor. Dari situlah tercetus ide penamaan Bengawan JakBan untuk sebutan Bengawan yang berdomisili di Jakarta dan Bandung. Kopdar Selanjutnya adalah Kopdar Ciwidey, dan beberapa bulan selanjutnya diikuti Kopdar Bogor. Tara…..3 kopdar tersebut cukup banyak dihadiri peserta, iya hanya tiga kopdar tersebut. Berpindah-pindahnya domisili membuat peserta kopdar menurun. Namun Bengawan Jakarta (Bandungnya sudah dicoret ya) masih sering kopdar sampai sekarang. Pernah juga merealisasikan agenda #SoloSinau bareng komunitas Sebuai di Antariksa Bekasi, kopdar buat nonton planetarium di TIM, dan masih banyak lagi kopdar yang ga bisa disebutin satu persatu. Apalagi Trio Kwek-kwek nya bengawan yang di Jakarta sering ngadain kopdar meskipun pesertanya cuman 3 butir. Saking minimnya peserta, kami sering mengajak temen-temen dari loenpia untuk ikut meramaikan karena agenda kopdar kami tak jauh dari makan, karaoke dan sebagainya.

Kopdar 3 Butir

Dua tahun berpetualang di joulecar.web.id, mulailah kekuatan ngeblog menurun. Penurunan performa tersebut karena kesibukan saya, yang kala itu tengah sibuk mengambil projek sana sini, dan sibuk membuat alasan ketika ditanya “Kapan skripsinya kelar?”. Mungkin bener kata seseorang di #kumpulblogger kemaren, menurut survey ngeblog itu hanya bertahan 2 tahun. Yah, mungkin saja hal itu benar. Karena di Bengawan sendiri pun sudah banyak dedengkot yang pensiun, mungkin sudah sibuk nggantiin popok anaknya.

2 Comments

  1. Comment by @_mizan:

    PERTAMAX!
    ..:: blog post terahir dari @_mizan …-> Cuma mau update ::..

  2. Comment by Joulecar:

    Selamat hari blogger om mizan.. ayo kopdaran :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco