Home » Jalan-Jalan » Ke Bromo (Lagi)
       

Ke Bromo (Lagi)

Sudah sekian lama gak posting jalan-jalan, lama juga ga jalan-jalan. kali ini ingin berbagi kisah tentang perjalanan ke Bromo untuk kesekian kalinya. Sebelumnya, terahir menginjakkan kaki di Bromo adalah tahun 2013. Kala itu saya bersama rekan-rekan alumni IF-31-01 IT Telkom (biasa disebut IMPI). Menempuh perjalanan dari rumah salah satu kawan di Gresik, kami mengunjungi beberapa tempat wisata di Kota Gresik dan Kota Batu. Menempuh perjalanan dengan rute Gresik – Malang – Pasuruan – Probolinggo – Bromo PP dengan kendaraan pribadi, Barulah di Bromo kami sewa Jeep untuk mengitari obyek wisata disana.

Foto ditengah kabut

Foto ditengah kabut

Kali ini, saya bersama bersama 8 rekan kantor yang sedang ada kegiatan di Malang memutuskan untuk menunda penerbangan pulang demi dapat menikmati suasana Bromo. Acara kantor berahir pada hari Jum’at, kami checkout dari hotel dan pindah ke penginapan yang lebih bersahabat dengan kantong. Meskipun bawaan kami adalah koper, jiwa kami tetep backpacker kok. Jadi semuanya cari mana yang paling murah.

Hari Pertama, mengunjungi Selecta

Hari Pertama, mengunjungi Selecta

Kami menghabiskan sisa hari Jum’at untuk mengitari kota Batu, diawali dengan menikmati kota Batu dari putaran bianglala di alun-alun kota. Setelah sejenak beristirahat di alun-alun Batu dan menikmati baso malang, kami melanjutkan perjalanan ke Selecta. Disana kami menikmati indahnya bunga-bunga yang didukung dengan suasana gerimis syahdu. Dilanjutkan jalan-jalan ke Museum Angkut yang awalnya saya kira kecil, ternyata setelah muter-muter bikin kaki pegel juga. Setelah puas menikmati museum angkut, kami kembali ke penginapan untuk beristirahat dan memulihkan stamina.

Salah satu lokasi dalam Museum Angkut

Salah satu lokasi dalam Museum Angkut

Tepat tengah malam, Jeep yang akan membawa kami ke Bromo telah tiba di penginapan. Kami memang merencanakan untuk berangkat dari penginapan sebelum jam 1 pagi untuk menghindari antrian di pananjakan. Selama 2,5 jam kami mengarungi jalan dari Malang ke Bromo via Tumpang, jalan gelap nan terjal yang berkabut dilahap oleh jeep kami. Tak heran kalau jalur ini tidak direkomendasikan untuk pengunjung dengan kendaraan pribadi. Jam 3.30 kami tiba di Musholla Diatas Awan, sejenak menghangatkan badan di warung mie sembari menunggu waktu subuh tiba. Sabtu itu pengunjung Pananjakan 1 berjubel hingga parkiran Jeep mengular. Atas saran guide kami memutuskan untuk pindah lokasi berburu sunrise ke Bukit Kingkong, lokasi yang tak jauh dari musholla tadi. Di sana kami ditunjukkan jalan yang cukup kecil, menurut guide kami lokasi tersebut jarang diketahui wisatawan sehingga membuat kami dapat berfoto dengan leluasa. Kan jaman sekarang katanya no pict = hoax. Lokasinya memang cukup sepi, hanya beberapa rombongan pengunjung yang kesana. Namun medan untuk menjangkau lokasi cukup terjal dan licin, sehingga kami memutuskan untuk berhenti di spot terdekat. Yang penting kelihatan sunrise beserta view lautan pasir dan Gunung Batok itu.

Sunrise View dari Bukit Kingkong

Sunrise View dari Bukit Kingkong

Puas menikmati pemandangan sunrise, kami turun ke lautan pasir. Sampai bawah kabut begitu lebat, bahkan dari parkiran kawah kami tak bisa melihat Gunung Batok, Kawah Bromo dan Pura  yang biasanya dapat terlihat jelas. Karena kabut tak kunjung sirna, akhirnya kami melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya yang masih di kawasan Bromo yaitu pasir berbisik dan savana atau biasa dikenal bukit teletubbies. Kegiatan disana ngapain aja? ya yang jelas foto-foto sambil melihat pemandangan.

Jam 9 pagi kami melanjutkan perjalanan untuk kembali ke penginapan di Malang. Pukul 12 siang kami sudah di penginapan, untuk sejenah melepas lelah dan membersihkan diri sebelum beranjak ke Bandara.

Rincian biaya kurang lebih :

  1. Penginapan : De Pavilion Guest House. Jl. Buring No. 37, Malang. Tarif 270.000/kamar/malam. Diskon 20.000 dengan kartu BPJS. Kamar rapi, bersih ber AC. (0341 – 364302)
  2. Jeep mas Ferry, 1.200.000/jeep include antar jemput ke Malang, BBM, Tiket Masuk, pokoknya all in deh. tinggal duduk sambil poto-poto. Maksimal 6 orang/jeep, jadi kami sewa 2. Dapet potongan karena punya temen yang kenal pemiliknya (Kontak : 0822 – 5716 – 1663)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco