Home » Djawa » Budaya di Gemerlap Jakarta
       

Budaya di Gemerlap Jakarta

Tak terasa sudah satu tahun menjadi penghuni ibu kota dari Indonesia. Banyak waktu disini habis untuk bekerja, namun tak semua. Banyak kegiatan lain yang tak layak untuk dilupakan, salah satunya adalah hiburan. Mencari hiburan di Jakarta tidaklah susah, hampir disetiap sudut kota ini dapat dijumpai tempat hiburan dari mulai karaoke, diskotik hingga tempat kumpul keluarga.

Mencari hiburan panggung khas nusantara mungkin cukup sulit untuk sebagian warga Jakarta. Wayang orang, satu hal yang mungkin sudah hampir hilang dari pikiran warga Jakarta. Dulu kita masih sering menjumpai berbagai jenis kesenian wayang maupun ketoprak di televisi, namun tidak untuk sekarang. Suksesnya Ketoprak Humor dan Srimulat kini hanya sayup-sayup terdengar, bahkan generasi sekarang lebih mengenal penyanyi korea daripada kedua grup seni tersebut. Beruntung, masih ada segelintir orang yang rela bersusah payah demi melestarikan budaya khas Indonesia.

From Culture

Wayang Orang Bharata, merupakan salah satu kelompok yang giat menjaga warisan budaya bangsa ini. Bermarkas di Gedung Kesenian Bharata Purwa di  Senen, kelompok ini rutin mengadakan pagelaran (pentas) setiap sabtu malam. Renyahnya suara gamelan mengiringi suara merdu sang sinden yang melantunkan gendhing-gendhing jawa. Kekarnya sang Bima beserta saudaranya yang selalu berpikir jernih meski menghadapi rintangan dan fitnah dari sang Sengkuni beserta antek-anteknya. Tak kalah seru banyolan yang bermakna dari Semar beserta ketiga anaknya, Gareng, Petruk dan Bagong.

From Culture

Pemandangan tersebut akan selalu menghiasi malam minggu ibu kota Jakarta, menemani warga Jakarta yang peduli budaya Bangsa. Tidak hanya mencela tetangga yang berulah, namun juga berusaha menunjukkan “This is mine!”. Seperti pepatah jawa bilang, “talk less, do more”

Profil :

Nama Kelompok : Wayang Orang Bharata

Lokasi Pentas : Gedung Kesenian Bharata Purwa, Jalan Kalilio No. 15, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia (Google Maps)

Jadwal Pementasan : Setiap Sabtu, mulai jam 20.00 sampai selesai

HTM : 40.000 – 60.000

Informasi : @WObharata , WOBharata @ Facebook

6 Comments

  1. Comment by astro:

    pertamaxxx

  2. Comment by bibit arwana:

    info bagus wat jalan2

  3. Comment by IP Camera:

    bagus postingan dan infonya :kucing_hi::kucing_cool:

  4. Ping from Fragmen Mini Perang Kembang » Joulecar:

    […] lama saya tidak menyaksikan pertunjukan Wayang Orang Bharata. Sejak renovasi yang dilakukan di Gedung Wayang Orang Bharata di Senen, Bharata melakukan pentas di […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco