Home » Articles posted by joulecar

Author Archive

Windows 64-bit dan 32-bit

Posted November 8, 2009 By joulecar
Mungkin saat ini tidak asing lagi kata-kata Windows 64 bit, dan juga Windows 32 bit. Mungkin sebagian pengguna belum tahu apa perbedaan dari Windows 64 bit dan 32 bit. Perbedaan yang mendasar sendiri adalah pengolahan/processing dari komputer untuk mengolah informasi yang ada. Sehingga harus menyesuaikan dengan processor yang sesuai.
Windows 64 bit hanya dapat dijalankan di processor 64 bit, sedangkan Windows 32 bit dapat dijalankan di processor 64 bit maupun 32 bit. Begitu juga dengan software, Windows 32 bit hanya dapat menjalankan software berarsitektur 32 saja, namun Windows 64 bit dapat menjalankan software 64 bit juga 32 bit, meskipun tidak semua software 32 bit dapat dipasang dengan baik di Windows 64 bit.
Perbedaan yang dapat dilihat adalah pada addressing memory. Pada arsitektur 32 bit, register dapat menunjuk alamat memory dari 0 sampai dengan 232 atau sekitar 4.294.967.296 alamat, sedangkan arsitektur 64 bit dapat mengakses memory hingga 264 atau sekitar 18.446.744.073.709.551.615 alamat. Dengan arsitektur Windows yang menempatkan 1 alamat untuk 1 byte memory, maka arsitektur 32 bit dapat dipasang memory maksimal 4 GB sedangkan arsitektur 64 bit dapat mengakomodir memory sekitar 16 EB.
Untuk memanfaatkan keunggulan tersebut, maka software yang digunakan harus mendukung arsitektur 64 bit, jika digunakan versi 32 bit, maka 32 bit yang tersisa tidak dikenali (32-bit mode). Software 64 bit sendiri tidak bisa dipasang di Windows 32 bit karena kebutuhan addressing 64 bit tidak bisa dipenuhi.
Be the first to comment

Kegilaan di akhir tahun

Posted December 30, 2008 By joulecar
Yaah,, ginilah nasib mahasiswa yang menjadi pengangguran. Menghabiskan waktu liburan di kampus yang sepi dari penghuni. Liburan tanpa kegiatan, klontang klantung di kosan,jadi satpam kos (*maklum, penghuni kos yang lain pada pulang kampung. jadi yang gak pulang dapet tugas jaga kos). Huff, menyedihkan banget.
Tapi akhirnya berawal dari kesamaan nasib, ada seseorang yang ngusulin berwisata. meskipun dengan modal pas-pas an yang diiringi modal nekat, akhirnya obyek wisata Hot Spring Water di Ciater pun dipilih. Lokasinya berada di sekitar PTPN VIII Ciater.

Perjalanan yang cukup melelahkan, melewati padatnya jalanan Bandung. Akhirnya sampai juga… Sampai disana pada tercengang, Gile, tiket masuk 15 ribu. sesampainya di dalam, wuih, rame banget… ampe nyaris ga ada tempat yang nyaman wat berendam dan merasakan air panas.. ada sih tempat yang sepi, tapi bayar lagi skitar 20-30 ribu… Hwaaaa,,,, tekor deh tu mahasiswa. huff, daripada bayar segitu, mending jalan-jalan dulu aja sambil menunggu rada sepi. Setelah puas berendem (*ga smua berendem sih, ada yang milih nongkrong di samping kolam sambil liatin orang-orang yang berendem..hahahaha,,,,) akhirnya mahasiswa-mahasiswa tersebut memutuskan wat checkout dari lokasi..

Kembali ke medan pegunungan yang cukup padat. wah, Lembang macet.. mampus nih,., akhirnya dengan sedikit(*kliatanya sih banyak) bersabar kami pun menembus kemacetan dari Lembang ampe jalan Cihampelas. Busyet dah, 3 jam di perjalanan. pengen rasanya beristirahat sejenak, akhirnya BIP pun jadi tujuan selanjutnya, sambil beristirahat dan menikmati hiburan dari 21-Cineplex. Hwam,, semua tiket dah pada kejual, tinggal ada 1 ruang yang masih menyisakan tempat, meski berada di posisi kedua terdepan, manteb banget dah tu layar..

Setelah film selesai, cachink dalam perut pun menuntut perbaikan gizi, hmmmm, setelah beberapa lama berdebat tentang lokasi makan (*udah keburu laper, jadi apa aja dihajar), akhirnya WS terbidik, siap untuk menuju lokasi target di sekitar Lodaya. haduh, kluar uang banyak nih, tapi gag apa lah, itung-itung dikit berfoya di akhir tahun…(*padahal tu uang hasil ngutang..Wakakakakaka….).

Be the first to comment

Pakarsa 2008

Posted December 24, 2008 By joulecar



Pakarsa UKM Djawa Tj@p Parabola IT Telkom, itulah nama sebuah pagelaran kesenian jawa di IT Telkom, Bandung. kata “PAKARSA” sendiri adalah singkatan dari “Pagelaran Pungkasaning Warsa” yang artinya pagelaran di akhir tahun. Pagelaran ini sebagai ungkapan perpisahan kepada tahun 2008. Pagelaran seni yang berlangsung pada tanggal 21 Desember 2008 itu berlangsung di GSG IT Telkom. Pagelaran kali ini bertajuk “Balada Cinta Baturaden”. Yaps, sesuai namanya, ceritanya mengisahkan tentang histori “Baturaden” (sebuah daerah di wilayah Jawa Tengah). Pagelaran kali ini menampilkan kolaborasi antara ludruk,karawitan, keroncong serta tari. Wuih, acara kali ini terlihat lain dari acara-acara sebelumnya. keren deh pokoknya.. makanya saksikan pagelaran selajnutnya di pertengahan semester depan.. T_T


3 Comments so far. Join the Conversation