Home » 2011 » September

Archive for September, 2011

Panel Transparan pada Unity

Posted 17 September 2011 By ZUL

Setelah mengoprek Lucid di PC (panel transparan dan window transparan), saatnya Natty di laptop yang akan dikorbankan :D. Untuk mengubah panel unity menjadi transparan tidaklah sulit. Sebelumnya pastikan CompizConfig Setting Manager telah terinstal  yak! kalau belum di install dulu pake :

<code>sudo apt-get install compizconfig-settings-manager

Read the remainder of this entry »

2 Comments so far. Join the Conversation

Window Transparan pada Ubuntu

Posted 17 September 2011 By ZUL

kali ini pengen berbagi tutorial bagaimana biar tampilan window/menu pada ubuntu kita bisa transparan. Sebelum memulai, pastikan driver grafik kita mendukung pilihan extra pada visual effect. Untuk ubuntu versi Maverick (10.11) kebawah caranya klik kanan pada desktop > change desktop background > pilih tab visual effect. Untuk Natty (11.04) tidak perlu tahap ini.

Setelah itu tambahkan PPA dan install Gnome Color Chooser dan modul RGBA melalui terminal :

sudo add-apt-repository ppa:erik-b-andersen/rgba-gtk
sudo apt-get update
sudo apt-get upgrade
sudo apt-get install gnome-color-chooser gtk2-module-rgba

Buka Gnome Color Chooser pada System > Preferences > Gnome Color Chooser, buka tab Engine (paling kanan), pada opsi Global pilih murine. Klik tombol preferences dan aktifkan RGBA support.

Setelah itu logout/restart, dan kembali login untuk melihat hasilnya. 😀

#pada beberapa kasus desktop wallpaper akan hilang dan nautilus error. Cukup lakukan upgrade nautilus untuk memperbaiki hasilnya 🙂

Be the first to comment

Gnome Panel Transparan dengan Compiz

Posted 15 September 2011 By ZUL

nemu tutorial bagus dari blog tetangga, daripada besok repot-repot nyari mendingan ditulis ulang disini :D. Compiz emang ga ada matinya. ditengah serbuan fitur-fitur dari anak buah si Bill, compiz selalu memberikan inovasi yang menarik. Kali ini korban percobaan adalah si Lucid di kompi ane. Untuk si Natty yang make Unity, monggo tunggu postingan berikutnya :p

Sebelum memulai, CompizConfig Setting Manager (CCSM) harus terinstal terlebih dahulu, monggo dicari di Synaptic Package Manager, Ubuntu Software Center atopun install dengan apt pada terminal. Untuk menginstal dengan terminal bisa menggunakan perintah :

sudo apt-get install compizconfig-settings-manager

Read the remainder of this entry »

Be the first to comment